LOVEBIRDS

lovebird Burung LoveBird pada awalnya burung hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan simbol dalam kerukunan berpasangan. Seiring dengan pesatnya trend dunia burung berkicau, burung Love Bird banyak dijadikan sebagai burung master dan burung lomba oleh Kicaumania di Tanah Air. Burung ini dikenal dengan bentuknya yang lucu dan kombinasi warna-warna bulu yang sangat menawan. Burung Love Bird cerewet, karena sensitif dengan suara tinggi yang ada disekitarnya. Merawat burung LoveBird sangatlah mudah dan menyenangkan. (berdasarkan riset SMART MASTERING)

SIFAT / KARAKTER DASAR BURUNG LOVE BIRD

  1. Mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
  2. Tukang teriak dan petarung. Apabila mendengar suara burung Love Bird lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
  3. Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Variasi pakan yang kurang tepat, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Love Bird lain dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
  4. Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.
  5. Tidak mudah stress. Burung jenis ini sudah ratusan tahun ditangkarkan oleh manusia.
  6. Menyenangi lingkungan yang sejuk. Burung ini sangat menyenangi suhu yang sejuk.
  7. Burung Koloni dan berkelompok. Sebaiknya peliharalah beberapa ekor burung Love Bird dalam satu rumah. Karena apabila burung ini sendirian, maka lama kelamaan burung ini akan menjadi stress.   

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG LOVE BIRD

  • Bijian Mix (Campuran). Kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur , yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya.
  • Sayuran segar. Burung Love Bird sangat menyukai sayuran segar seperti: Kangkung, Sawi Putih, Jagung Muda dan sayuran lainnya.
  • Asinan. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.
  • Extra Fooding. Biji bunga Matahari, biji Fumayin, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan biji Kacang Hijau sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuhnya.

PEMILIHAN BAHAN BURUNG LOVE BIRD YANG BAIK

Adabeberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung LoveBird

  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar, panjang dan terlihat kokoh.
  • Berkepala besar. Ini menandakan burung LoveBird ini mempunyai mental tempur yang baik.
  • Postur badan, pilihlah burung LoveBird yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek. Sebaiknya juga pilihlah bahan yang berdada lebar.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahwa bahan tersebut  sehat. Pilihlah LoveBird yang berkaki besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan burung LoveBird yang bermental baik.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung LoveBird ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
  • Bola mata besar dan bersih bersinar. Menandakan burung LoveBird ini memiliki prospek yang cerah apabila dijadikan burung lomba. Karena akan sangat gacor.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang burung Lovebird, khususnya masalah breeding, silahkan dilihat di halaman BREEDING blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s